Dalam rangka Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2012 kemarin  beberapa BBI-ers (sebutan untuk para Blogger Buku) sepakat untuk memposting kisah mereka tentang bagaimana mereka bisa bergabung dengan komunitas Blogger Buku Indonesia.

Karena kebetulan saya sendiri dan beberapa teman yang menggagas terbentuknya BBI ini maka saya akan cerita sedikit bagaimana terbentuknya BBI. Awalnya gagasan ini muncul karena obrolan saya dengan Mas Okta Wiguna, seorang jurnalis yang peduli akan dunia buku pada tahun 2011 yang lalu.  Dalam salah satu perbincangan Mas Okta ini menanyakan apakah saya memiliki daftar blog buku yang aktif?.

Dari perbincangan di twitter ini akhirnya saya mencoba mendata blog buku yang ada, ternyata saat itu ada cukup banyak blog buku yang saya dapatkan, yaitu sekitar 30-an blog buku. Hasil pendataan ini lalu saya upload pada tanggal 13 April 2011 di Goodreads Indonesia dan Note FB saya. Dari situ lalu timbulah keinginan untuk membuat sebuah komunitas antara para blogger buku. Langsung saja saya mencoba mengajak beberapa teman blogger buku di twiter untuk membentuk komunitas blogger Buku Indonesia

Beberapa teman menyambut antusias gagasan ini, maka kami segera mencoba menyebar gagasan ini ke teman-teman kami sesama blogger buku lainnya hingga akhirnya kami sepakat untuk membuat akun twitter @BBI_2011 sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi antar para blogger buku.

Bermula dari akun twitter akhirnya terbentuk juga Agregator Blog Buku Indonesia, Group BBI dan  Fan Page BBI di Facebook dimana kesemuanya itu menjadi wadah kami untuk saling berkomunikasi dan mengadakan event-event antar para BBI-ers. Dan tanggal 13 April 2011 ditetapkan sebagai hari lahirnya BBI

Dengan terbentuknya komunitas BBI ini bagi  saya pribadi banyak sekali manfaatnya, selain memiliki banyak teman yang memiliki hobi yang sama untuk membaca buku dan ngeblog,  melalui komunitas ini gairah membaca dan ngeblog saya juga semakin terpelihara antara lain dengan diadakannya berbagai event seperti posting bareng, copy darat, secret santa, dll.

Saya sendiri berharap komunitas BBI ini tidak hanya muncul sesaat lalu menghilang, melainkan akan terus langgeng, saya sendiri pribadi para blogger buku ini suatu saat akan mendapat tempat terhormat di mata penerbit, pembaca buku, media masa, dll,  sehingga para BBI-ers dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia buku di tanah air.

Kini jumlah blog buku yang terdata sudah sebanyak 189 blog buku yang aktif. Dengan begitu banyaknya blog buku yang ada tentunya sudah seharusnya blogger buku bisa ikut ambil bagian secara signifikan dalam memajukan dunia literasi. Bagaimana caranya? Mari kita pikirkan bersama-sama.

Selamat Hari Blogger Nasional, dan maju terus untuk para BBI-ers.

Keep Reading and Blogging

@htanzil

Untuk mengetahui syarat menjadi anggota BBI, silahkan klik blog bukunya Okky Septya di sini