Berikut adalah beberapa  kutipan dari novel  Negeri Para Bedebah by Tere Liye yang menyangkut soal tanaman beracun.

Hemlock

“Kau diajari tentang Socrates di sekolah?… Apakah gurumu bilang bahwa socrates, orang bijak, filsuf, penemu banyak pengetahuan itu mati bunuh diri?”

“Tentu saja tidak, …itu akan merusak imajinasi kalian tentang orang hebat itu. Tetapi adalah fakta bahwa dia bunuh diri dengan racun hemlock. Poison hemlock inilah salah satu tumbuhan paling berbahaya di dunia. Socrates yang agung mati setelah menelan racun hemlock. Tubuhnya kejang-kejang, lantas maut segera datang..” (hlm 295-296)

 

Strychine

“Cleopatra memaksa pelayannya memakan biji buah pohon ini, untuk mengetahui apakah biji pohon ini cara terbaik untuk bunuh diri.

Racun pohon ini terkenal sekali…disebut boucine. Setelah pelayannnya meninggal dengan cara yang amat menyakitkan, Cleopatra berubah pikiran…Cleoptarta memilih racun ular untuk bunuh diri. Dia mati engan memasukkan tangannya ke dalam keranjang ular berbisa.” (hlm 296)

Ketela Pohon/singkong

“Kau pernah makan singkong mentah?  Jangan lalukan. Beberapa jenis singkong, ketela pohon..mengandung racun sianida dengan kadar yang cukup untuk membunuhmu. Jika kau tak tidak becus memasaknya, tidak cukup matang prosesnya, satu keluarga penuh, atau seluruh kampung bisa binasa dalam satu malam… Tapi kalau kau masak dengan benar, racun sianidanya akan hilang” (hlm 297)

Bunga Terompet

Bunga terompet mekar tidak terbilang di taman gedung perkantoran. Indah. Tetapi adakah karyawan yang sering lalu berlalu lalang tahu bahwa bunga itu sangat berbagaya?

Kandungan aktifnya adalah atropine, hyoscyamine, dan scopolamine, zat penghilang kesadaran. Kau bisa meninggal jika overdosis” (hlm 302)

Sumber :

Judul : Negeri Para Bedebah

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : 2012

Tebal : 433 hlm

@htanzil