kamus sejarah

Setelah sekian lama ngendon di daftar #MYWISHLIST akhirnya terbeli juga buku Kamus Sejarah Indonesia ini. Buku ini saya dapatkan dengan membelinya langsung ke Penerbit Komunitas Bambu dengan discount 25%🙂

Historical Dic-2004Kamus ini untuk pertama kalinya terbit dalam bahasa Inggris  20 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1992 dengan judul Historical Dictionary of Indonesia terbitan Scacecfrow Press.  Awalnya edisi pertama kamus ini hanya mencantumkan nama Robert Cribb sebagai penyusunnya.

Pada tahun 2004 kamus ini diterbitkan kembali dengan judul yang sama, hanya saja kali ini pada cover depan bukunya tertera dua nama yaitu, Robert Cribb & Audrey Kahin. Edisi kedua inilah yang dijadikan dasar terjemahan edisi Indonesianya.

Selain berisi kamus yang disusun berdasarkan abjadnya yang dimuali dari entri

-A – Abangan

dan diakhiri dengan entri

–  Z – Zulkifli Lubis

Selain kamus  buku ini juga dilengkapi dengan daftar Akronim dan Singkatan, Kronologi sejarah Indonesia yang dibagi dalam 6  periode besar yaitu

– Sejarah Awal (hingga sekitar 1400)

– Negara-negara Islam dan Ekspansi VOC : 1400-1800

– Pemerintahan Kolonial dan Pergerakan Nasionalis: 1800-1942

– Masa Sukarno : 1950-1966

– Masa Soeharto : 1967 – 1998

– Pasca Soeharto : 1998 – Sekarang

Bagian kronologis ini diawali dengan entri

1,9 juta tahun yang lalu   Hominid Pitchecantrhopus dan Meganthropus hidup di Jawa.

diakhiri dengan entry

2004  4 Februari : Mahkamah Agung membatalkan keputusan sidang korupsi terhadap ketua DPP Golkar Akbar Tanjung.

Pada bagian lampiran, kamus ini menyajikan lampiran lengkap (nama dan periode waktu) sbb :

Lampiran A : Gubernur Jenderal Hindia Belanjda

Lampiran B : Menteri Negara Jajahan Belanda

Lampiran C : Penguasa-penguasa Negara Awal

Lampiran D : Kabinet-kabinet Republik Indonesia

Lampiran E : Pejabat -pejabat Negara Republik Indonesia

Lampiran F : Kekuatan Parlemen dan Kinerja Pemilu Partai, 1945-1999

Setelah Lampiran, kamus ini juga menyajikan peta-peta Indonesia berdasarkan kelompok etnis, peta jawa abad ke 16-17, Indonesia abad ke 17, perluasan wilayan Belanda di Sumatera, 1817-1907, dll.

Di bagian daftar pustaka setebal hampir 100 halaman, penulis menyusunnya berdasarkan kelompok-kelompok seperti klasifikasi umum perpustakaan seperti bagian Umum, Budaya, Ekonomi, Sejarah, Politik, Ilmu Pengetahuan, Media Saat ini (Jurnal, sumber Internet).

Tentang Penulis :

Robert_CribbRobert Cribb adalah senior fellow di Australian National University di Canberra dan sebelumnya pernah bekerja di Australia, Belanda dan Denmark. Minat penelitiannya berfokus pada Indonesia dan mencakup kekacauan politik, identitas nasional, politik wilayah dan kondisi geografi historis. Cribb pernah menulis Gangster and Revolutionaries, Historical Atlas Indonesia (2000) serta penyunting The Indonesiian Killings of 1965-1966 (1990), The Late Colonial State in Indonesia (1994), dan bersama Li Narangoa menulis Imperial Japan and National Identities in Asia, 1895-1945 (2003).

 

Audrey KahinAudrey Kahin, meraih gelar Ph.D dalam Sejarah Asia Tenggara dari Cornell University, Amerika Serikat, pada 1979. Sejak 1978  sampai 1995 ia adalah redaktur pelaksana publikasi sejarah Asia Tenggara di Cornell dan co-editor, kemudian editor jurnal Indonesia. Dia juga penyunting dan kontributor Regional Dynamics of Indonesia Revolution (1985), penulis Rebellion to Integration (1999) dan dengan George McT. Kahin menulis Subversion as Foreign Policy (1995). Buku terbaru yang dia sunting bersama James T. Siegel, adalah Southeast Asia over Three Generation (2003). Saat ini dia sedang mengerjakan buku tentang masalah integrasi di Indonesia dan menulis biografi pemimpin politik Islam Mohammad Natsir.

DETAIL BUKU  :

Judul : Kamus Sejarah Indonesia

Penulis : Robert Cribb & Audrey Kahin

Penerjemah :  Gatot Triwira

Penerbit : Komunitas Bambu

Cetakan : I, Juni 2012

Tebal : 711 hlm, hard cover.

Dengan lebih dari 800 entri yang jelas dan ringkas, Kamus Sejarah Indonesia memuat informasi yang padat tapi kuat terkait tokoh, tempat dan organisasi. Termasuk soal ekonomi, budaya serta politik. Semuanya diramu dari sumber-sumber sejarah kuno Indonesia sampai masa kontemporer. Kelengkapan informasi kamus ini ditambah dengan daftar pustaka, peta, kronik sejarah, daftar singkatan dan lampiran hasil pemilihan yang komprehensif.

Hanya dengan melalui satu buku ini secara cepat pembaca akan mengenal Indonesia, negara terbesar ketiga dalam populasi maupun wilayah, kepulauan tropis dengan lebih 220 juta penduduk, ratusan etnis dengan sejarah yang rumit dan bergejolak, negara industri baru serta pusat ekonomi yang besar.

***

“Sangat berguna bagi siapa pun yang membutuhkan informasi dengan cepat mengenai Indonesia masa lalu dan masa kini” – Australian Journal of International Affairs

“Referensi yang sangat berguna dan membantu pembacanya dari latarbelakang apa pun untuk menemukan informasi langsung serta mudah mengenai sejarah Indonesia.” -The Journal of Asian Studies.

###

@htanzil