closu up logoClose Up Interveiw adalah event yang dibuat dalam ranga ulang tahun kedua Blogger Buku Indonesia (BBI). Tujuannya adalah agar sesama anggotta BBI dapat saling mengenal satu sama lainnya.

Siapa yang menginterview dan siapa yang diinterview ditentukan dengan cara mendaftar pada host Close Up Interview (CUI) yaitu blog Mia Membaca dimana seseorang akan menginterview pendaftar yang tepat berada di bawahnya. Nah dalam kesempatan ini saya mendapat jatah menginterview Tezar Ari Yulianto pengelola blog Membaca Buku

Berikut hasil dari wawacaranya :

1. Selamat pagi/siang/malam, Mas Tezar. Kalau boleh bisakah ceritakan sedikit tentang diri Anda (nama lengkap, nama pena, tempat/tgl lahir, pekerjaan, domisili sekarang)

Terima kasih rahib atas pertanyaannya. Saya jawab ya hib, semoga jawabnnya tidak mengecewakan, hehehe. Nama lengkap Tezar Ari Yulianto, dilahirkan di RS Imannuel Bandung pada malam 31 Juli (saya kembarannya Harry Potter lho #dikeplakrahib). Domisili di Semarang. Terkait dengan kerjaan, karena kita sama-sama member BBI, saya jelaskan di kartun buatan creator logo bebi ya hib…..

Ini dia, saya bekerja di salah satu programnya pemerintah, PNPM Mandiri. 

 PNPM

2.       Sejak kapan mulai senang membaca ? Adakah pengaruh keluarga (ayah/ibu/saudara) atau lingkungan yang membuat Mas Tezar menjadi hobby membaca

Semenjak kecil. Dulu orangtua Cuma memfasilitasi dengan berlangganan majalah Bobo, Cuma memang gak berkelanjutan. Masa-masa sekolah ortu cuma memfasilitasi pembelian buku belajar-buku kuliah. Bacaan lain Cuma rental (komik, buku2 wiro sableng) dan sejenisnya. Mulai giat membaca pas kuliah ketika tinggal di yogya yang surga buku, di mana banyak toko buku diskon tersedia, apalagi saya menduduki jabatan sebagai staf perpustakaan di salah satu asrama mahasiswa di Yogya. Sehingga semakin intens membaca, sampai sekarang.

3.      Punya buku favorit or penulis favorit?

Pada dasarnya saya termasuk omnireader. Kadang buku berat (filsafat politik pun saya baca) Cuma sekarang lebih banyak baca fiksi ya, dan belakangan mulai baca karya-karya yang sebelumnya jarang saya sentuh seperti fantasy. Saya termasuk telat baca Harry Potter, baru setelah kerja bisa menamatkan seri HP, hehehehe…..

Banyak sih penulis yang saya suka. JK Rowling untuk menyebut salah satunya. Selain itu suka Agatha Christie dan yang pasti Conan Doyle dengan karyanya Holmes, memikat saya. Buku favorit kalau di shelf goodreads saya masukan di shelf my-fave di sini:

4.       Sejak kapan memiliki blog buku, apa yang membuat Mas Tezar membuat blog buku dan apa tujuannya.

Untuk blog buku yang saya punya (Membaca Buku) semenjak Mei 2009. Cuma waktu itu karena akses internet dibatesi di kantor yang lama, saya baru update lagi di tahun 2011. Sebelumnya sudah pernah review (campur2 tak hanya buku) sih di komunitas peresensi di pintunet.com (sekarang sudah tidak ada) dan di situs multiply yang juga sudah tidak bisa diakses.

5.       Sejak bergabung dengan BBI apa manfaat yang dirasakan Mas Tezar, dan apa harapan Mas Tezar terhadap BBI?tezar

Yang jelas kebahagiaan menemukan orang-orang yang punya cinta yang sama. Kadang saya masih merasa asing di kelilingi orang-orang yang tidak mencintai buku. Dengan bertemu, berinteraksi di dunia maya/nyata, saya serasa bahagia. Beberapa kali juga dapat hadiah buku dari teman2 BBI, hehehe.

Harapan, semoga teman2 BBI dari yang kecil, mau saling aktif berinteraksi, di fb, twitter, whatsapp apa pun sarananya, karena sebuah komunitas akan terasa hidup kalau interaksi meskipun kecil tetap terjaga. Dan untuk perkembangannya semoga BBI tak hanya menjadi komunitas yang eksklusif. Mau meajukan dunia buku di Indonesia serta bisa meningkatkan minat baca di Indonesia. Sebuah impain, paling tidak BBI dikenal di kalangan penerbit dan pembaca.

6.       Diantara para member BBI, blog buku apa yang paling sering dikunjungi Mas Tezar? Mengapa?

Saya tidak terlalu memfavoritkan blog buku teman-teman. Sebisa mungkin yang muncul di blogroll saya kunjungi, meski seringnya sih tak meninggalkan komentar. Soalnya kadang bingung kalau mau komentar, mengkomentari apa (makanya seringnya komentar saya jadi garing, hahaha). Tapi yang rutin tiap minggu sih punyanya kak Astrid (booktoshare), karena saya sering ikut meme Wishful Wednesdaynya, Ren (Renslittlecorner) karena ikutan beberapa reading challengenya dia, dr Dewi (Through Tinted glass) sering suka balik baca review buku MDnya beliau, hahaha.

7.       Mas Tezar lebih suka mana, membaca resensi  di media cetak (koran, majalah) atau resensi2 yang dimua di blog buku?

Blog buku. Karena baca resensi di koran malah seringnya bingung dengan pemakaian bahasanya, terlalu serius. Berbdeda dengan resensi temen2 BBI yang lebih santai.

8.      Dari semua review yang sudah dimuat di blog Membaca Buku, review mana yang paling berkesan bagi Mas Tezar, kenapa?

Paling suka review buku Dua Tangis dan Ribuan Tawa karya Dahlan Iskan , karena resensi itu yang pertama kali memang di lomba resensi. Waktu di lomba resensi tiap minggu yang diadakan di salah satu online store. Dan kalau tak salah termasuk sering diRT oleh penerbitnya ketika mention ke @BBI_2011

sumi yang9. Pertanyaan terakhir yang tidak ada hubungannya dengan dunia buku tapi penting :))  Kabarnya Mas Tezar nge-fans sama Sumi Yang, Anchor Metro TV ya?, sebutkan alasannya

 

Ha3. Kebanyakan hapal anchor tv sih dibanding artis2. Kalau Sumi Yang ini dulu sempat muncul di Metro pas acara belajar bahasa mandarin. Cuma nggak intens aja nontonnya. Apalagi kalau pas jadi anchor di Metro Xin Wen (nggk ngerti bahasanya). Oh ya, dia ramah sih. Sempat balas mention waktu nanya suatu istilah dalam bahasa mandarin.

@htanzil