Di Wishful Wednesday ke 6 kali ini pilihan saya jatuh pada novel ini

pasung jiwa

Kenapa saya menginginkan novel ini? selain suka dengan tema karya-karya  Okky Madasari yang selalu mengangkat isu-isu sosial, Okky Madasari juga merupakan  salah satu penulis favoritku.  Novel Pasung Jiwa ini masih fresh , dan baru saja edar di toko-toko buku.

Berikut detail bukunya :

Judul : Pasung Jiwa

Penulis : Okky Madasari

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : I, 2013

Tebal : 328 hlm

Apakah kehendak bebas benar-benar ada?
Apakah manusia bebas benar-benar ada?

Okky Madasari mengemukakan pertanyaan-pertanyaan besar dari manusia dan kemanusiaan dalam novel ini.

Melalui dua tokoh utama, Sasana dan Jaka Wani, dihadirkan pergulatan manusia dalam mencari kebebasan dan melepaskan diri dari segala kungkungan. Mulai dari kungkungan tubuh dan pikiran, kungkungan tradisi dan keluarga, kungkungan norma dan agama, hingga dominasi ekonomi dan belenggu kekuasaan

——

Ini adalah novel ke 4 dari Okky Madasari, pemenang Khatulistiwa Literary Award 2012  dimana semua karya-karya Okky selalu mengusung realita ketidakadilan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Ketiga novel tersebut yaitu  Entrok (2010) yang berkisah tentang dominasi militer di jaman order baru, 86 (2011) yang berkisah tentang fenomena korupsi, dan Maryam (2012): Perempuan yang Terusir Karena Iman yang mengisahkan tentang jemaah Ahmadiyah daam pengungsian.

Novel Pasung Jiwa ini diluncurkan pada tgl 13 Mei 2013 dalam rangka memperingati 15 tahun reformasi yang juga  menggelar pertunjukan teater bertajuk Pasung Jiwa arahan sutradara Herry W. Nugroho   di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki.

###

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil