Selamat hari Rabu!, kita berjumpa lagi di meme blog Wishful Wednesday. Untuk Rabu di minggu ketiga bulan Juli ini buku yang saya idamkan adalah novel  ini :

memang jodohKenapa saya tertarik untuk memiliki novel ini?

Novel ini  berkisah tentang masalah adat berdasarkan pengalaman nyata perkawinan Marah Rusli, Bapak Roman Modern Indonesia.  “Jadi novel ini merupakan novel ini semi-otobiografi Marah Rusli.

Novel Memang Jodoh sebenarnya sudah rampung ditulis pada 1961. Novel itu merupakan kado Marah Roesli untuk istrinya, Raden Ratna Kancana binti Kartadjumena, pada hari ulang tahun ke-50 pernikahan mereka, 2 November 1961.

Pengarang novel Sitti Nurbaya dan La Hami itu berwasiat kepada keluarga besarnya agar penerbitan novel Memang Jodoh dilakukan 50 tahun kemudian setelah bukunya rampung.  Karya ini merupakan novel terakhir Marah Rusli yang belum pernah dicetak.

Detail buku :

Judul : Memang Jodoh

Penulis : Marah Rusli

Penerbit : Qanita

Cetakan : I, 2013

Tebal : 536 hlm

Novel Terakhir dari Penulis Sitti Nurbaya, Marah Rusli

Hamli tak pernah mengira, keputusannya untuk menerima beasiswa pemerintah Belanda demi melanjutkan sekolah ditentang oleh orangtuanya. Orangtua yang justru dia harapkan akan mendukung sepenuh hati. Namun, adat Minang yang mengikat erat ternyata membelenggu cita-citanya.
Hamli pun kemudian memutuskan untuk melanggar adat, merantau demi ilmu. Dan ketika dalam perantauan dia bertemu dengan mojang Priangan yang menawan hatinya, pilihan getir terpaksa harus diambil. Hamli rela “dibuang” oleh adat dan orangtua demi cintanya.

Kisah semiautobiografi Marah Rusli ini adalah salah satu karya klasik yang hilang dari ranah sastra Indonesia. Siapa mengira bahwa sang sastrawan besar, Marah Rusli, menyimpan kisah cinta yang sedemikian menyentuh dan abadi? Melalui Memang Jodoh, Marah Rusli sekali lagi mempersembahkan sebuah warisan berharga bagi dunia sastra Indonesia

###

Novel Memang Jodoh ini baru akan dilaunching dan didiskusikan di Teater Salihara, Jakarta pd tgl 21 Juli 2013 besok. Untuk lebih jelaskan silahkan lihat promo launching dan diskusinya di bawah ini

memang jodoh diskusi

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil