Ini dia buku sejarah yang sudah sejak lama  kuidam-idamkan! :

nasionalisme-kahin

Ketika buku ini pertama kali diterbitkan pada 1952, buku ini segera dikenali oleh seluruh pembaca sebagai karya akademik yang luar biasa . Kahin dengan hati-hati membuat narasi yang memuat hiruk-pikuk perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaannya sejak 1945 hingga 1949 dengan sumber-sumber yang mengesankan dan istimewa. Hasilnya adalah 15 bab yang tidak diragukan lagi merupakan uraian penting dan memberikan kontribusi besar bagi pengetahuan mengenai berbagai topik berkaitan dengan transisi Hindia Belanda ke negara berdaulat Republik Indonesia. Bagi seorang peneliti masa kini yang ingin menggali masalah pada periode tersebut, buku ini tetap menjadi yang utama untuk dirujuk. Kekuatan abadi buku ini terdapat pada keberhasilannya membuat rekaman kaya warna serta drama revolusi Indonesia. Sebab mampu menampilkan koherensi dan perincian yang sangat kuat dan kuat terkait komposisi kepemimpinan nasionalis Indonesia yang berubah dengan basis massa ideologisnya, perdebatan di antara kelompok nasionalis, dan strategi pertahanan mereka yang berbeda dalam menghadapi upaya Belanda yang ingin kembali setelah Proklamasi 17 Agustus 1945.

###

Buku yang untuk pertama kalinya terbit di tahun 1952 dengan judul Nationalism and Revolution in Indonesia ini sebenarnya sudah pernah diterjemahkan dan diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan pada tahun 1995.  Di tahun 2007-an saya pernah mencari buku terbitan Sinar Harapan  tsb namun saat itu sudah sulit mencarinya dan hingga kini saya belum berhasil memperolehnya.

Bersyukur kini buku ini akan diterbitkan kembali oleh Komunitas Bambu dengan cover yang sangat menarik, maka tanpa banyak pertimbangan walau harganya cukup mahal (Rp. 200rb)  saya langsung memesannya. Sayangnya saya masih harus bersabar karena buku ini masih indent hingga 30 September 2013.

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil