Man teman ini ucapan Hari Raya Idul Fitri 1434H dan pesan dari Korum (Koordinator Umum)  Blogger Buku Indonesia (BBI) 2013 Sdr, Helvry Sinaga yang saya copy paste dari milis BBI.

###

Dear member Blogger Buku Indonesia,
Semoga kita dirahmati berkat dan kesehatan.

Sebagai insan pembaca di dunia perbukuan Indonesia, kita memiliki peran strategis menyebarluaskan penting dan perlunya membaca pada semua orang. Saat ini teman-teman paling tidak mengelola satu blog yang pada dasarnya bertujuan untuk membagikan pengalaman apa yang kita dapatkan dari kegiatan membaca. Tentu suatu hal yang sangat menyenangkan mana kala kita berhasil menyelesaikan sebuah bacaan, menulis pengalaman membaca tersebut, serta mempostingnya di blog. Dan suatu kebahagiaan tersendiri bila pengunjung blog kita ikut/tertarik membaca buku itu.

Orang Bijak bilang (maaf saya lupa siapa namanya) mengatakan bahwa sebuah perjalanan besar selalu dimulai satu langkah kecil. Pernyataan ini bermakna bahwa tidak ada suatu hal besar yang dapat kita peroleh tanpa usaha kecil. Kita mungkin sama-sama mengetahui dan menyadari bahwa minat membaca di Indonesia termasuk rendah dibanding dengan negara-negara tetangga, apalagi tingkat Asia, apalagi tingkat dunia. Hal ini sangat memprihatinkan. Bila kita kaji apa penyebabnya, permasalahan utamanya adalah ketersediaan bahan bacaan itu sendiri sangat jauh dari memadai. Mengapa tidak memadai? Menurut pengamatan saya ada berbagai faktor, dan pertama adalah harga buku yang dinilai mahal, kedua faktor ketersediaan perpustakaan maupun toko-toko buku di daerah, ketiga, faktor referensi/rekomendasi buku.

Untuk faktor pertama, kita tidak bisa berbuat banyak. Teman-teman yang berada di Pulau Jawa lebih beruntung dalam hal ini karena banyak sekali event-event/bazar buku yang diselenggarakan oleh toko buku maupun penerbit yang menjual buku murah. Namun tidak demikian di luar pulau Jawa, hampir tidak ada event/bazar buku yang terselenggara, bahkan harga buku di sana boleh jadi lebih mahal dari harga bandrol aslinya.

Untuk faktor kedua, memang memprihatinkan juga. Tidak semua kota punya perpustakaan atau toko buku. Perpustakaan yang dikelola pemerintah daerah juga kadangkala tidak terawat. Koleksi bukunya juga tidak beragam. Namun untuk menyelenggarakan perpustakaan secara mandiri juga butuh dana dan kerja yang tidak sedikit. Beberapa kelompok/komunitas sekarang menggeliat di berbagai kota untuk membangun taman-taman bacaan, ini patut kita dukung.

Kita bisa masuk di faktor ketiga dengan leluasa. Kita punya media blog, notes FB, bahasa lisan dan sebagainya. Memberi referensi buku adalah salahsatu cara efektif untuk membuat orang lain tergugah. Bukankah suatu hal yang menyenangkan ketika membuat orang lain ikut tertarik membaca buku yang telah kita baca?

Saat ini kita terhubung dengan komunitas blogger pembaca yang juga menulis. Data dari Divisi Keanggotaan per Juli 2013, anggota yang sudah terdaftar sebanyak 163 orang. Kalau kita anggap satu orang memiliki satu blog buku, maka paling tidak ada 163 blog yang menceritakan tentang buku pada dunia. Secara jumlah, hal ini menggembirakan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perubahan gaya hidup pembaca yang menyediakan waktu luangnya untuk menulis blog (buku). Bila dibanding dengan blog di komunitas lain, blog buku kita masihlah tergolong sedikit.  Ada ribuan bahkan jutaan di luar sana yang terus menerus mengetikkan kata kunci di mesin pencari, mencari novel Layar Terkembang, Ronggeng Dukuh Paruk, Harry Potter, Chicken Soup, Petualangan Tintin, dan sebagainya. Dan siapa tahu ada (saya yakin ada!) orang-orang  mengikuti hasil pencariannya di blog teman-teman.

Saya melihat, langkah-langkah kecil mulai terbangun menuju perjalanan besar. Mari sama-sama kita menyadari tugas kita sebagai pengemban perubahan. Perubahan cara pandang orang-orang akan membaca, perubahan akan ketersediaan bahan bacaan, perubahan mengkritisi bahan bacaan.

Tetaplah bersemangat untuk menghadirkan dunia buku di dunia blog kita.

Saya pribadi bersama seluruh pengurus BBI mengucapkan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434H kepada teman-teman yang merayakan. Semoga kita semakin menyadari hakikat kita sebagai manusia yang berjuang melakukan pekerjaan suci di dunia,

Selamat berlibur dan selamat perjalanan bagi teman-teman semuanya. Hati-hati dalam perjalanan, semoga suatu waktu kita dapat dipertemukan dalam keadaan sehat. Amin

Salam hangat,
Koordinator Umum BBI 2013

Helvry
BBI 1301041
blog: http://blogbukuhelvry.blogpspot.com

BBI Idul Fitri