Setelah beberapa minggu absen posting WW, di postingan ke 14 ini  saya memilih buku ini

buku-riwu-ga

Kenapa saya memilih buku ini? Keterangan tentang buku ini saya peroleh dari buku Total Bung Karno, Serpihan Sejarah yang Tercecer  by Raso Daras. Dan apa yang diungkapkan oleh Raso Daras dalam bukunya itu membuat saya penasaran dan ingin membacanya.

Siapa itu Riwu Ga?

“Pada tahun 30-an, ketika Bung Karno dibuang ke Ende, tersebutlah satu nama yang kemudian akan menjadi orang penting dalam sejarah berdirinya Republik Indonesia. Orang itu bernama Riwu Ga . Dialah yang kemudian dikenal sebagai pembantu sekaligus pengawal Bung Karno sejak tahun 1930-an sampai 1945. Kurang lebih 14 tahun lamanya Riwu mendampingi Bung Karno dalam segala suka duka. Ia menjadi pesuruh, menjadi pengawal, sekaligus menjadi pelakon dalam lakon-lakon tonil karya Bung Karno.”  (Total Bung Karno – Raso Daras, hlm 182)

Riwu Ga juga berjasa besar dalam menyebarluaskan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Beberapa saat setelah proklamasi dibacakan bung Karno menugaskan Riwu Ga untuk menyebarluaskan berita itu.  Dalam menjalankan tugasnya itu Riwu Ga bersama Sarwoko mengendarai jip terbuka. Sarwoko mengemudi sedangkan Riwu Ga berdiri sambil melambai-lambaikan bendera merah putih dan berteriak-teriak sepanjang jalan, “Kita sudah merdekaaaaa…..!”

Tentang buku ini Raso Daras menulis bahwa buku ini memuat kisah Riwu Ga yang bernilai sejarah tinggi dan menyimpan banyak sekali catatn sejarah berdirinya Republik Indonesia yang barangkali belum terpublikasikan di buku mamapun.  Buku ini juga memuat naskah drama karya Bung Karno yang sebelumnya tersimpan rapih di tangan Rachmawati (putri bung Karno)

Demikian sekilas tentang buku yang menjadi WW-ku kali ini. Sepertinya sudah sulit untuk mendapatkan buku tersebut. Buku tsb diterbitkan oleh Koran Utama Indonesia, 2004.  Kalau ada yang tau dimana saya bisa mendapatkan buku itu kontak2 saya ya🙂

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

@htanzil