Di Wisful Wednesday ke 16 ini buku yang saya idam-idamkan adalah buku ini

onbijt-coverBuku ini merupakan buku tentang menu sarapan (onbijt) orang-orang Belanda di Bandung pada jaman kolonial.  Menarik kan? Saat Pameran Buku Bandung kebetulan penerbit buku ini yaitu Khazanah Bahari ikut berpameran, sayangnya saat saya berkunjung ke pameran buku ini sudah habis dan kabarnya stock di gudang penerbitpun habis dan hingga saat ini belum dicetak ulang.

Buku ini menjadi incaran saya untuk melengkapi buku-buku tentang Bandung yang hingga kini sudah mencapai 32 buah buku.  Buku-buku tentang Bandung yang saya miliki bisa dilihat di Album Buku Bandung

Berikut detail tentang Buku ini

Judul : Produsen Onbijt Walanda Bandoeng.

Penulis : Sudarsono Katam

Penerbit : Khazanah Bahari

Cetakan : I, 2012

Tebal : 166 hlm

Penelusuran sejarah ke masa Hindia Belanda mempertemukan kita dengan Maison Vogelpoel, Maison Bogerijen, Valkenet, Merbaboe, Lux Vincet, Het Soephuise, Hazes, Ellenbroek, dan lain-lain. Nama-nama itu sejak zamannya pun, sudah moncer sebagai produsen beragam jenis menu sarapan (ontbijt) orang Belanda. Setiap hari, dari dapur-dapur mereka mengepul aroma khas roti-roti hangat yang siap melengkapi santap pagi warga Kota Bandung. Begitu termasyhurnya reputasi mereka hingga ada yang beroleh predikat ‘pemasok’ (leveransir) resmi untuk Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Ratu Belanda – produksinya berupa kue khas kerajaan: Koningin Emma Taart dan Wilhelmina Taart.

Pada masa kita sekarang, Kota Bandung sudah menjadi kota tujuan wisata belanja, wisata sejarah-budaya, wisata alam, dan tentu saja juga wisata kuliner. Jika pelbagai produsen makanan dan minuman tempo doeloe itu tidak pernah hadir di kota ini, barangkali reputasi dan sejarah kota ini akan sama sekali berbeda dari yang ada sekarang. Tetapi, di manakah keberadaan mereka sekarang? Penulis buku ini berusaha untuk mengungkapkan dan menyajikan kembali kepingan-kepingan dari sejarah kecil (petite histoire) kota ini.

###

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

@htanzil