Ini dia buku incaranku saat ini. Seperti WW ke 7 kali ini pun sebuah buku berisi foto2 kartu pos Hindia (Indonesia) jaman doeloe yang berhasil dikumpulkan oleh Olivier Johannes Raap.  Semoga aku bisa segera memperoleh buku yang kabarnya baru saja beredar di toko-toko buku pada hari ini (6 November 2013) .

Buat yang  bingung mau memberi kado apa di ulang tahunku kemarin, kirannya postingan ini dapat membantu🙂

soeka-fbJudul : Soeka Doeka Djawa Tempo Doeloe

Penulis : Olivier Johannes Raap

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia

Cetakan : 2013

Tebal 198 hlm

Mempelajari kebudayaan masa lalu tidak harus dengan berkutat di perpustakaan ditemani buku-buku tebal berdebu. Kartu pos bias mengenalkan kekayaan tradisi masa silam dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Kartu pos yang terbuat dari foto-foto menarik di masanya merekam sejarah-sejarah kecil yang kerap dianggap remeh-temeh.

Di antaranya sebut saja busana pengantin, perhiasan yang dipakai, kesenian yang sekarang sudah punah, permainan tradisional yang hampir terlupakan, hingga tata cara pemakaman yang sudah tidak dilakukan lagi di zaman modern ini. Olivier Johannes Raap, kolektor ribuan benda antik Indonesia, bersama 140 lebih koleksi kartu posnya, disertai penjelasan-penjelasan informatif, mengajak pembaca buku ini kembali ke satu abad silam untuk menyaksikan suka-duka di Jawa tempo dulu.

Berikut contoh 2 buah  kartu pos yang terdapat dalam buku ini.  Foto versi hitam putih diambil dari buku Soeka-Doeka di Djawa Tempo doeloe. Foto-foto  ini  diunggah penulisnya di akun Facebooknya sekitar seminggu yang lalu

soeka-1Dua versi foto “Petan”, Yogyakarta ca. 1900

1. Kartu pos terbitan P. Mourgues: “De Jacht” (= Pemburuan)
2. Kartu pos terbitan Tan Bie Je: ”Prampoean mentjari koetoe kepala”

Nr. 2 dikirim dari Tjiawi (Ciawi) ke Paris 1912. Satu lagi hasil karya Ali S. Cohan (alias Kassian atau Sem Céphas). Zaman dulu, kutu dipercaya bisa mengobati penyakit tertentu kalau dimakan. Setelah ditangkap, kutu lalu ditelan (Foto versi hitam putih diambil dari buku “Soeka-Doeka di Djawa Tempo Doeloe” hal. 159).

soeka-3

Venus-nya Jawa, Yogyakarta ca. 1900

Dua kartu pos diterbitkan oleh Tan Bie Je dari Yogyakarta ini menggambarkan seorang gadis setelah mandi. Pada zamannya, banyak pemotretan dengan konsep kreatif. Konsep adalah ide yang menjadi dasar untuk mewujudkan sesuatu: sang fotografer ingin membuat foto dengan tema atau rancangan tertentu. Teknik ini berasal dari tradisi seni lukis. Para model menjadi aktor dengan peran tertentu, berbusana sesuai peran, juga ditambah seabrek perlengkapan dan dekor yang mendukung konsep. Sebagai contohnya, model berumur sekitar 15 tahun ini dipotret di studio dalam pose yang mengingatkan kita pada lukisan “Kelahiran Venus” karya Sandro Botticelli (1445-1510). Fotografer adalah Ali S. Cohan (diperkirakan nama samaran untuk Kassian atau Sem Céphas). Tukang pewarna biasanya tidak melihat model atau lokasi yang dipotret. Hasilnya, foto yang telah diwarnai tidak mungkin sesuai 100% dengan aslinya.

(Foto versi hitam putih dari buku “Soeka-Doeka di Djawa Tempo Doeloe” yang akan terbit 6 Nopember 2013)

###

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil