Gara-gara baca postingan Sandra Cattelya di blog buku-nya saya jadi tertarik dengan buku ini, maka jadilah buku ini sebagai Wishful Wednesday-ku yang ke 18  :

hiroshima-ketika_bom_dijatuhkanSebenarnya buku ini sudah lama saya lihat karena buku ini terbit pada 2008 yang lalu. Namun entah kenapa sebelum saya membaca postingan di blog-nya Sandra saya kurang peduli dengan buku ini sehingga buku ini tidak pernah ingin saya baca dan miliki.

Ternyata buku ini sangat menarik, karena buku yang  merupakah hasil reportase jurnalistik pemenang Putlitzer Prize  John Hersey. Sebelum dibukukan tulisan John Hersey ini dimuat di majalah The New Yorker edisi Agustus 1946.  Begitu fenomenalnya tulisan Joh Hersey ini  sampai-sampai  Albert Einstein ingin membeli seribu eksemplar The New Yorker (tapi gagal dan tidak berhasil mendapatkan satu eksemplar pun).  Lengkapnya silahkan baca kesan  menarik  dari Sandra di blog bukunya Page by Page yang menjadikan buku ini sebagai salah satu buku yang berpengaruh dalam hidupnya.

Oya, kabarnya buku ini juga jadi  bacaan wajib anak jurnalistik untuk  mata kuiah  jurnalisme sastra.

Berikut deskripsi buku ini :

Tuan B, pesawat B-29, adalah momok mengerikan bagi rakyat Jepang selama Perang Dunia II. Pesawat ini membawa bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima dan mengubah sejarah untuk selamanya.
Ditulis oleh pemenang Pulitzer Prize, John Hersey, karya ini adalah sebuah masterpiece jurnalisme sastra dan terpilih sebagai naskah terbaik jurnalisme Amerika pada abad ke-20 oleh panel wartawan dan akademisi Universitas Columbia.

Ini adalah cerita yang akan mengusik sisi kemanusiaan setiap orang. Ini adalah tentang pilihan dan kerasnya hidup di masa perang

Judul : Hiroshima, Ketika Bom Atom Dijatuhkan

Penulis : John Hersey

Penerbit : Komunitas Bambu, 2008

Tebal : 165 hlm

###

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil