Di Wishful Wednesday ke 22 ini pilihan saya jatuh pada buku ini :

collapse-COVERCollapse : Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia by Jared Diamond,

Kepustakaan Populer  Gramedia (KPG) 2014, 714 hlm

Ratusan peradaban telah bangkit dan runtuh sepanjang sejarah manusia. Setelah membahas bangkitnya peradaban dalam Guns, Germs & Steel, Jared Diamond melanjutkan dengan membahas keruntuhan berbagai peradaban masa lalu dan masa kini dalam Collapse.

Lima faktor bisa mempengaruhi kelestarian atau keruntuhan peradaban:kerusakan lingkungan, perubahan iklim, pengaruh peradaban musuh, pengaruh peradaban sahabat, dan —yang terpenting—tanggapan masyarakat terhadap masalah lingkungan. Collapse mengajak kita meninjau patung-patung batu raksasa Pulau Paskah yang tumbang, reruntuhan permukiman Viking di Amerika Utara dan Maya di Amerika Tengah, sampai krisis tanah berujung pembantaian di Rwanda serta bom waktu masalah lingkungan di Cina dan Australia. Namun ada pula contoh sukses seperti Jepang zaman Tokugawa yang menjaga negerinya tetap hijau dan presiden Republik Dominika yang melestarikan lingkungan dengan tangan besi.

Collapse menunjukkan apa arti penting aspek lingkungan bagi kelangsungan hidup kita sekarang, pelajaran dari keruntuhan maupun keberhasilan berbagai masyarakat, serta apa yang telah dan bisa dilakukan perorangan, badan usaha, dan negara untuk menemukan cara mencegah peradaban ambruk karena dunia tak kuat menanggungnya.

###

Saya tertarik memiliki buku ini karena tema yang dangkatnya tentang kehancuran beradaban akibat lingkungan, peperangan, dll. Sebuah tema yang saya rasa akan tetap relevan di sepanjang masa.

Sayangnya harga buku ini ternyata mahal menurut ukuranku, buku setebal 714 hlm ini dibandrol seharga Rp. 135.000,-. Buku ini bisa dibeli langsung melalui penerbitnya di sini

Nah kebetulan penggagas meme Wishful Wednesday ini sedang mengadakan giveaway dalam rangka ultah WW ke-2 nah, semoga saya beruntung seperti giveaway yang pernah diadakan sebelumnya,  tapi harga bukunya melebihi syarat giveaway yang maksimal Rp. 100rb ya? gak pa2 deh kl saya menang nanti saya nombokin yang 35 rb-nya :)  Doain menang ya teman2🙂

Atau kalaupun gak menang giveaway  semoga buku ini dibuntelkan sama penerbitnya ya..🙂

###

Apa itu Wishful Wednesday?
Ini adalah meme blog yang digagas oleh Astrid Lim di blog bukunya ‘Book to Share’ dimana peserta yang ikut meme blog ini memposting buku apa yang ingin dimiliki saat ini. Karena judulnya Wishful Wednesday maka postingannya tentu saja di hari Rabu.

Tertarik ikutan? ini cara-caranya :

wishful-wednesday31. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
@htanzil