Novemberian Wishlist ini adalah sebuah daftar buku-buku yang saya inginkan bisa dimiliki di bulan November 2014.  Pencatatan Novemberian Wishlist ini adalah  untuk memudahkan teman2 yang ingin mengirim kado untuk ulang tahun saya di bulan November nanti.  “GeEr amat yak ?” :)  Bukan, ini bukan ke-ge-er-an tapi ini menindaklanjuti acara tukar kado (sebuah tradisi dari teman-teman yang tergabung dalam BBI /Blogger Buku Indonesia  yang lahir di bulan November)  dimana kami saling bertukar kado berupa buku dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, untuk memudahkan teman2 BBI yang tergabung dalam event Tukar Kado untuk memilih buku2 yang akan diberikan pada saya nanti, berikut 4 bh buku yang saya inginkan. Daftar ini juga berlaku buat teman-teman lain yang mungkin ingin memberikan kado di hari ulang tahun saya nanti loh🙂

Selamat memilih dan membungkus kadonya… Terima kasih banyak sebelumnya.

Dafta buku ini disusun berdasarkan urutan keinginan, jadi yang paling atas adalah buku yang paling kuinginkan🙂

manuskrip

Harga Buku = Rp. 100.000,-

Buku bisa diperoleh di TB Ultmius dengan memesannya via email ke ultimus_bandung @yahoo.com (bebas ongkos kirim ke seluruh nusantara)

###

Arsitektur kota  Tujuan utama dari buku ini adalah untuk menambah pengetahuan pembaca yang berminat tentang masalah arsitektur dan perkotaan, terutama yang ada di Jawa pada jaman kolonial. Buku tentang masalah perkotaan dan arsitektur pada masa kolonial di Jawa masih sangat terbatas sekali, terutama yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas tentang masalah perkotaan pada jaman kolonial, yang kedua tentang arsitektur pada jaman kolonial serta prakolonial yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan keadaan kita sekarang.

Harga buku = Rp. 99.800,- (belum disc 15%)

Buku ini bisa diperoleh di StasiunBuku.com

http://stasiunbuku.com/?s=Arsitektur+Dan+Kota-Kota+Jawa+Pada+Masa+Kolonial+&cari=Search&jenis=judul

###

belenggu_ilmuwan_dan_pengetahuanKepulauan Nusantara adalah surga untuk melakukan eksplorasi ilmiah. Para ilmuwan dari seluruh dunia pernah membuat penemuan penting di sana. Namun, mengapa nama-nama ilmuwan Indonesia itu sendiri hampir tidak pernah muncul dalam catatan sejarah ilmu pengetahuan? Dalam buku ini Andrew Goss menganalisis zaman ke zaman kehidupan profesional para naturalis dan ahli biologi di Indonesia untuk menunjukkan apa yang terjadi pada ilmu pengetahuan ketika negara menjadi satu-satunya patron terhebat.

Melalui sokongan dana untuk membayar penelitian, para ilmuwan di Indonesia mengikuti agenda negara yang terutama dipusatkan untuk mengeksploitasi sumber daya alamnya yang paling berharga—terutama tanaman pangan ekspor: kina, gula, kopi, teh, karet, dan nila. Hasilnya adalah satu kelas birokrat botani  yang Goss juluki sebagai “floracrats”. Dengan menggunakan arsip-arsip dan sejarah lisan, Goss menunjukkan bagaimana para ilmuwan ini berusaha mewujudkan cita-cita Aufklarung alias Pencerahan dari ilmu pengetahuan yang objektif, universal, dan berguna, bahkan ketika mereka mengkhianati cita-cita tersebut karena gagal membagi pengetahuan sains kepada masyarakat umum.

Dalam setiap bab, Goss memerinci fase kekuatan dan karakter ilmuwan di Indonesia yang telah berjuang dengan dilema ini, sejak awal era kolonial, melewati kemerdekaan, hingga negara Indonesia modern. Goss menunjukkan betapa kemerdekaan hanya berpengaruh terbatas bagi komunitas ilmuwan, tidak peduli betapa idealisnya ilmuwan itu tetap berpatron pada negara. Memang benar bahwa ilmu pengetahuan adalah alat negara, tetapi negara telah membatasi proses penyerapan ilmu pengetahuan, dan akhirnya gagal untuk memimpin masyarakat, tak mampu berperan sebagai penghubung antara masyarakat  dan  negara. Ilmu pengetahuan masih menjadi urusan bagi segelintir kaum elite yang memang memiliki minat dan bakat.

Harga Buku = Rp. 105.000,-

Buku bisa diperoleh di komunitasbambu.com

http://komunitasbambu.com/katalog/komunitas-bambu/belenggu-ilmuwan-pengetahuan/

###

ben-hur-bukuYuda Ben-Hur hidup pada awal abad ke-1. Dia pedagang muda kaya-raya di Yerusalem. Ketika seorang gubernur baru datang ke kota itu, sahabat masa kecil Ben-Hur, Messala, ikut datang sebagai komandan legiun Romawi. Mulanya mereka senang karena bertemu kembali setelah sekian lama, namun kemudian timbul perselisihan akibat perbedaan pandangan politik. Ketika sedang menyaksikan parade penyambutan bagi Gubernur, sebuah genting jatuh dari rumah Ben-Hur dan melukai sang Gubernur. Messala tahu hal ini tidak disengaja, tapi dia memerintahkan Ben-Hur ditangkap, harta kekayaannya disita, dan ibu serta adik perempuannya dipenjara.

Ben-Hur, yang menjalani hukuman sebagai budak di perahu, bertahan hidup, dan bersumpah untuk kembali dan membalas dendam kepada orang yang dulu pernah menjadi sahabatnya ini.

Harga Buku : Rp. 92.000,-

Buku ini bisa diperoleh di grazera.com

http://www.grazera.com/book/detail/9786020309354#

Demikian untuk Novemberian Wishlist kali ini. Selamat memilih dan me’ngado’.

@htanzil